Clossing Ceremony BMWCCIOMR 2021.

Jakarta, 26 Maret 2022.

Pada hari Sabtu tanggal 26 Maret 2022 telah dilaksanakan kegiatan upacara penutupan atau closing ceremony BMW Car Clubs Indonesia One Make Race (BMWCCI OMR) 2020 – 2021. Acara tersebut berlangsung sejak siang pukul 13.00 WIB sampai dengan sore jam 18.00 WIB. Kegiatan ini merupakan acara puncak dari seluruh rangkaian beberapa kegiatan otomotif BMWCCI Motorsport berupa balap mobil turing di Sirkuit Internasional Sentul (ISSOM) sepanjang tahun 2020 – 2021. Closing ceremony BMWCCI OMR tersebut dilaksanakan di Meeting Room lantai 2 di Resto Kedai Kopi Tenong, Jl. Cipete Raya No.8, Jakarta Selatan. Dengan dilaksanakannya kegiatan closing ceremony ini maka berakhirlah seluruh kegiatan BMWCCI Motorsport periode 2019 – 2021.

BMW Car Club Indonesia atau BMWCCI merupakan satu satunya Official BMW Club atau klub BMW resmi yang ada di Indonesia. BMWCCI berdiri di bawah BMW Clubs Asia (BMW CA). Sedangkan BMW Clubs Asia berada di bawah naungan BMW Clubs International Council (BCIC) di M√ľnchen, Jerman. Sebagai satu satunya klub BMW resmi di Indonesia, BMWCCI mendapatkan dukungan penuh dari BMW Grup Indonesia dan seluruh Authorized BMW Dealer di bawahnya. Dengan demikian BMWCCI merupakan brand ambassador BMW di Indonesia yang menjaga positioning value BMW sebagai Premium Luxury Brand. BMWCCI akan selalu mengedepankan tiga Nilai Tradisional BMW yaitu Dynamism (Dinamis), Innovation (Inovasi) dan Aesthetics (Estetika).

Saat ini BMWCCI sudah menjadi umbrella club bagi 31 klub anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Klub anggota BMWCCI tersebar dari ujung barat Indonesia klub BMWCCI Banda Aceh Chapter di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, sampai dengan di timur Indonesia klub BMWCCI Lombok Chapter di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dengan jumlah total anggota lebih dari 3.600 pemilik mobil BMW yang tersebar luas di seluruh nusantara tersebut, menjadikan BMWCCI sebagai klub anggota BMW Clubs Asia yang terbesar. Salah satu kegiatan rutin tahunan BMWCCI adalah kegiatan BMWCCI Motorsport berupa balap mobil turing dengan nama kegiatan BMWCCI One Make Race (BMWCCI OMR).

BMWCCI OMR merupakan kegiatan Motorsport rutin tahunan BMWCCI yang sudah berjalan sejak pertama kali diresmikan oleh Presiden BMWCCI ke-5, Asido Regazzoni Simanjuntak, pada Desember 2017. Saat itu seluruh pembalap, instruktur, dan tuner professional BMW di Indonesia berkumpul di Astra BMW Serpong untuk menyaksikan grand launching dari Club Event Motorsport terbesar yang pernah dimiliki oleh BMWCCI. Race season BMWCCI OMR yang pertama dimulai pada 2018. Pada tahun 2020 kegiatan BMWCCI OMR dilanjutkan oleh Presiden BMWCCI ke-6, Raden Cahyo Adhi Nugroho Martosubroto. Inovasi kegiatan OMR ini mengantarkan BMWCCI mendapatkan prestasi Internasional Best BMW Club of the Year yang diumumkan saat BCIC Council Meeting 2018. OMR adalah kebanggaan BMWCCI.

Acara closing ceremony BMWCCI OMR 2021 berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Acara ini dihadiri oleh seluruh stakeholders kegiatan BMWCCI OMR, diantaranya:

1. Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI).
2. Pengurus IMI Provinsi DKI Jakarta.
3. Pimpinan Manajemen dari Sentul International Circuit.
4. Manajemen dari Speedy Motorsport sebagai Racing Committee BMWCCI OMR.
5. Michelin sebagai sponsor BMWCCI OMR.
6. Zettagrid sebagai sponsor BMWCCI OMR.
7. Tunas BMW sebagai Authorized BMW Dealer yang menjadi sponsor BMWCCI OMR.
8. Bilstein sebagai sponsor BMWCCI OMR.
9. PT Kartika Cakra Daksina sebagai sponsor BMWCCI OMR.
10. Perwakilan dari para pembalap, tim balap dan perwakilan dari klub peserta.

Dalam kesempatan ini Presiden BMWCCI periode 2019 – 2021 Raden Cahyo Adhi Nugroho Martosubroto mengucapkan terima kasih sebesarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan BMWCCI OMR sejak awal persiapan kegiatan sampai dengan selesai akhir kegiatan dalam acara penutupan ini. Dengan berakhirnya kegiatan ini, semoga program BMWCCI OMR dapat selalu memberikan kesempatan untuk pembibitan pembalap baru, terutama anggota BMWCCI yang berasal dari daerah, sehingga BMWCCI dapat memberikan manfaat yang baik kepada seluruh anggotanya. Semoga program BMWCCI dapat terus berjalan dan menjadi kebanggaan bagi BMWCCI di dunia Motorsport dalam negeri dan luar negeri, dan mampu berpartisipasi dalam kegiatan balap mobil turing yang akan diadakan di Sirkut Internasional Mandalika pada Oktober 2022 dan Sirkuit Internasional Bintan pada tahun 2024.

Pengurus BMWCCI Motorsport periode 2019 – 2021 Antonius Gita Prasetyo menyampaikan informasi bahwa pada perhelatan akbar BMWCCI OMR 2020 – 2021 ini telah tercipta beberapa rekor dan hal atau pencapaian baru sebagai berikut.

1. Dibukanya Kelas Baru E30 Open untuk sasis BMW jenis E30 dalam OMR. Kelas ini diikuti oleh tiga pembalap dengan sasis mobil balap BMW E30.
2. Penghargaan Best Team Livery yang didapatkan dari penilaian Estetika mobil balap, dimenangkan oleh Tim Balap BMWCCI Jakarta Chapter Racing Team (JCRT).
3. Penghargaan Best Racing Team yang didapatkan dari perhitungan akumulasi poin kejuaraan terbanyak di satu tim oleh pembalapnya dalam satu musim balap, dimenangkan oleh Motorsoul Racing Team dari klub BMWCCI E30 Register.
4. Penghargaan Best Lap Time yang didapatkan dari rekor lap time tercepat yang baru, yaitu Lap Time 1.56.680 yang didapat oleh pembalap Victor Herryanto, member klub BMWCCI E30 Register dari tim balap Risqy Motorsport.

Harapan dari peserta BMWCCI OMR ini adalah semoga program ini dapat terus berjalan dan menjadi wadah positif untuk pembibitan pembalap muda dan proses pengenalan dunia balap.

Dalam kegiatan ini juga diberikan kesempatan kepada Michelin Indonesia sebagai sponsor utama program BMWCCI OMR untuk menyampaikan product knowledge atau informasi mengenai teknologi ban terbaru yang diberikan kepada seluruh peserta OMR, manfaat dari teknologi ban pada performa dan keselamatan berkendara, serta bagaimana manfaat yang masih dapat diterima oleh seluruh anggota BMWCCI. Sebagai informasi, ban yang digunakan oleh seluruh peserta adalah ban Michelin Pilot Sport 4 ukuran 215/45/17.

Acara ditutup dengan penyerahan hadiah kepada seluruh pemenang BMWCCI OMR. Berikut ini susunan pemenangnya.

@2022 Official BMW Car Clubs Indonesia.